Senin, 26 Maret 2012

Komputasi Awan Jadi Tren 2012

Komputasi Awan atau Cloud Computing yang berkembang serta masuknya pemain besar dalam industri tablet PC akan menggerus pasar netbook, notebook, maupun personal computer (PC). Komputasi awan ini diperkirakan akan menjadi tren pada 2012.

Sebelumnya, pasar teknologi komputasi awan ini didominasi oleh Apple dan Android. Pada 2012 ini, Microsoft akan menggebrak pasar dengan Windows 8 untuk tablet PC yang sepenuhnya bekerja dengan teknologi komputasi awan.

"Pasar yang dikembangkan oleh Apple dan Android sekarang tinggal dikembangkan, tidak luput Microsoft juga bermain di Cloud Computing," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Hadi Santono saat pembukaan pameran komputer di Jogja Expo Center, Sabtu 4 Februari 2012.

Komputasi Awan seperti dalam diagram jaringan komputer Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Cloud Computing adalah informasi yang secara permanen tersimpan di server Internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna, termasuk desktop, komputer tablet, notebook, handheld, sensor-sensor, monitor, dan lain-lain.

Komputasi Awan merupakan suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain. Dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna.

Ia mengatakan, yang menarik adalah diperkirakan pasar notebook dan netbook akan semakin tergerus oleh tablet PC di tahun 2012. Jika tahun lalu tablet PC meraih angka delapan persen dari pasar notebook atau netbook, tahun 2012 diperkirakan akan mencapai 15 persen.

"Tetapi, meskipun diperkirakan pada 2012 pangsa pasar desktop menurun, namun dari sisi volume tetap sama, karena ada banyak kebutuhan komputasi dengan desktop yang tidak bisa digantikan oleh notebook atau netbook," kata dia.

Gelaran pameran komputer Apkom New Year Expo 4-8 Februari 2012 di Jogja Expo Center ini akan menjadi ajang pameran teknologi baru tahun 2012. Diperkirakan, awal kuartal pertama 2012 akan mengalami peningkatan dramatis sebagai akumulasi pembelian yang tertunda selama kuartal akhir 2011. Itu disebabkan oleh isu krisis Eropa, kurs dolar Amerika, dan banjir Thailand.

"Kami akan mencuri start untuk memperkenalkan teknologi-teknologi baru tahun 2012 kepada masyarakat," kata Hadi.

Panitia pameran optimistis pasar komputer tablet semakin tinggi. Sebab, muncul pemain-pemain baru Komputasi Awan yang memicu munculnya produk-produk tablet PC baru dari Cina dengan harga yang sangat murah, namun mengusung teknologi terbaru yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pameran komputer yang setiap harinya akan dikunjungi lebih dari 15.000 orang itu diikuti oleh 200 peserta. Target penjualannya mencapai Rp 20 miliar atau lebih.

#sumber http://www.tempo.co/read/news/2012/02/04/072381741/Komputasi-Awan-Jadi-Tren-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar